Ahli Berpengalaman Bagikan Kiat Aman Pendakian Gunung

Ahli Berpengalaman Bagikan Kiat Aman Pendakian Gunung

Ahli berpengalaman membagikan kiat mendaki gunung agar Aman.--Foto: Detik Travel

“Selain itu, penting juga persiapan pengetahuan. Mengetahui peralatan yang diperlukan dalam mendaki gunung dan memahami karakter serta cuaca gunung sebelumnya,” ujar Agi.

Baginya, memiliki keterampilan dasar di alam, seperti membaca peta navigasi, menyiapkan tenda, mengemas barang, memberikan pertolongan pertama, hingga keterampilan memasak, adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pendaki gunung.

Hal ini memungkinkan pendaki untuk menjalankan kegiatan mendaki dengan lebih efisien.

Namun, dalam situasi darurat seperti letusan gunung atau badai, Agi menekankan pentingnya untuk segera turun ke bawah gunung. Menunggu di puncak gunung dapat membahayakan keselamatan, dan pendaki harus cepat merespons situasi darurat.

“Kita harus tahu titik-titik evakuasi dan rencana tindakan darurat. Semua harus dilakukan dengan cepat,” katanya.

Agi juga mendorong pendaki untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan gunung dengan tidak meninggalkan sampah, tidak berburu hewan, dan tidak mengambil apa pun dari sana.

BACA JUGA:Mitigasi Kolesterol dalam Telur: Manfaat dan Catatan Penting

“Saya selalu mengikuti prinsip ‘Take nothing but picture’, ‘Kill nothing but time’, dan ‘Leave nothing but footprint’ yang diungkapkan oleh John Muir. Prinsip ini sangat penting bagi saya,” ungkapnya, seorang pendaki dengan pengalaman 25 tahun.

Ia berharap pengelolaan kawasan gunung di Indonesia dapat meningkat untuk menciptakan pengalaman mendaki yang lebih baik. Agi mengkritik pengelolaan gunung di Indonesia yang belum sepenuhnya memadai dan mengurangi kenyamanan pendaki.

“Ke depannya, saya harap para pendaki lebih bertanggung jawab. Persiapkan diri dengan baik agar dapat menikmati pendakian dan tidak mengganggu orang lain,” tambahnya.

Sumber: