Pertemuan Bilateral Jokowi dan PM Jepang Bahas Kerja Sama dan Isu Palestina

Pertemuan Bilateral Jokowi dan PM Jepang Bahas Kerja Sama dan Isu Palestina

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/12/2023).--Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/pri.

Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berupaya mencapai gencatan senjata permanen, merancang bantuan kemanusiaan berkelanjutan, dan mendorong proses damai menuju penyelesaian dua negara dengan segera.

"Dukungan dari Jepang sangat diharapkan," tutur Jokowi.

Usai pertemuan bilateral, Jokowi dan Perdana Menteri Fumio Kishida menerima dokumen proposal dari ASEAN-Japan Young Business Leaders' Summit dan ASEAN-Japan Gen-Z Business Leaders' Summit.

BACA JUGA:Jokowi: Indonesia Butuh Investasi Triliunan Dolar AS Demi Emisi Nol Bersih 2060

Tak hanya itu, keduanya juga menyaksikan pertukaran dokumen terkait hibah kapal Jepang senilai 9 miliar yen kepada Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Proses pertukaran tersebut dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Sumber: