Peringatan BMKG: Sejumlah Provinsi di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat dan Petir Hari Ini

Peringatan BMKG: Sejumlah Provinsi di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat dan Petir Hari Ini

BMKG prediksi cuaca hujan di sejumlah daerah di Banten.--Foto: istimewa

SIASAT.CO.ID - BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk sejumlah provinsi di Indonesia yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai petir pada Senin (18/12/2023).

Menurut situs BMKG, Senin (18/12/2023), provinsi-provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kondisi serupa juga diharapkan terjadi di provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara itu, provinsi-provinsi yang memiliki potensi angin kencang antara lain Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

BMKG menginformasikan bahwa berdasarkan model filter spasial Madden Julian Oscillation (MJO) pada tanggal 18-19 Desember 2023, gangguan fenomena MJO secara spasial terpantau aktif di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua, Laut Jawa, Laut Flores, Laut Banda, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Seram, dan Laut Arafura.

BACA JUGA:BMKG Imbau Pelayaran Waspada Tinggi Gelombang di Perairan Banten

Fenomena ini berpotensi menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

BNPB turut memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu memantau prakiraan cuaca, terutama saat berencana berwisata selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Perhatian khusus diberikan kepada wisatawan yang akan mengunjungi daerah alam, seperti perbukitan dan wisata sungai.

"Kemana pun kita berwisata, ke daerah pegunungan atau pantai, selalu biasakan melihat prakiraan cuaca, terutama daerah perbukitan dan wisata sungai," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Aam, pria yang dikenal akrab, memberikan peringatan serius kepada masyarakat terkait potensi bahaya banjir yang dapat terjadi sewaktu-waktu di tempat wisata alam yang berdekatan dengan aliran sungai.

BACA JUGA:BMKG Sampaikan Peringatan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Banten

Ia menekankan kurangnya perhatian terhadap kondisi cuaca di daerah hulu sungai, dan mengajak masyarakat untuk selalu waspada.

Selain itu, Aam juga memberikan peringatan serupa kepada mereka yang berencana berwisata di daerah yang berada di lereng gunung, bukit, dan tebing.

Sumber: