Cak Imin Ingatkan Pesan Pendiri NU tentang Pentingnya Peran Petani

Cak Imin Ingatkan Pesan Pendiri NU tentang Pentingnya Peran Petani

Cak Imin mengingatkan peran pendiri NU tentang petani.--Foto: CNBC

SIASAT.CO.ID - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengingatkan kembali pesan pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari, tentang pentingnya peran petani sebagai penolong negeri.

Hal ini disampaikan oleh Muhaimin saat Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Minggu malam.

Muhaimin menjelaskan bahwa hari ini kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan.

Pengabaian ini terbukti dalam sensus pertanian yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), di mana dalam 10 tahun terakhir tercatat jumlah petani gurem atau yang memiliki lahan kurang dari setengah hektar mencapai angka 16 juta rumah tangga.

"Sementara ada seseorang yang memiliki tanah hampir 500 ribu hektar, sebagai kekuasaan yang diberikan negara kepadanya," kata Muhaimin, yang juga merupakan ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa.

BACA JUGA:JK Yakin Cak Imin Tampil Baik di Debat Cawapres: Tak Perlu Dimentori

Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), memiliki visi, misi, dan program kerja dengan tema besar Indonesia Adil Makmur untuk Semua.

Salah satu misi AMIN adalah memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup yang murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air.

Untuk mewujudkan misi tersebut, AMIN akan memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga pupuk, bibit, pestisida, pakan ternak, dan obat-obatan pertanian melalui kemandirian pangan.

Selain itu, AMIN juga akan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian dengan teknologi terkini, membangun fasilitas gudang untuk mengurangi tingkat kehilangan, tingkat penyusutan, dan meningkatkan kualitas panen. Mereka juga akan mengatur suplai untuk menjaga stabilitas harga.

Sumber: