Hujan Guyur Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi

Hujan Guyur Sebagian Besar Wilayah Ibu Kota Provinsi

Pengendara roda dua menerobos hujan di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (9/8/2021).--Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/hp.

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota Provinsi di Indonesia pada Jumat.

Situs resmi BMKG di Jakarta menyebutkan wilayah-wilayah yang diprakirakan akan mengalami hujan ringan, antara lain Denpasar, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Ambon, Mataram, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Sedangkan wilayah Bandung, Semarang, Ternate, Manado, dan Palembang diprediksi akan mengalami hujan sedang. Kota Yogyakarta diprediksi akan mengalami hujan lebat pada siang hari dengan kelembapan antara 65-95.

BMKG juga mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi hujan disertai petir yang dapat terjadi di wilayah Jambi, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, dan Pekanbaru.

Cuaca di wilayah Jakarta Pusat, Pontianak, Palangka Raya, Kupang, dan Pekanbaru diprediksi akan berawan pada siang hari.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di 4 Daerah Banten

Namun, beberapa wilayah masih berpotensi cerah berawan pada siang hari, seperti Kota Banda Aceh, Surabaya, Samarinda, Tarakan, Bandar Lampung, dan Kota Jayapura.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menyatakan bahwa potensi cuaca ekstrem masih perlu diwaspadai selama Januari 2024, akibat fenomena monsun Asia musim dingin.

Fenomena ini berdampak pada peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan diprediksi cukup intensif.

Selain itu, aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) juga sudah memasuki wilayah Indonesia, dan dalam sepekan dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah.

 

Sumber: