Kejuaraan Drum Internasional Meriahkan Kota Tangerang

Kejuaraan Drum Internasional Meriahkan Kota Tangerang

Pembukaan Kejuaraan Indonesia Drum Corps International (IDCI) 2023 di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat. --Foto: ANTARA/HO-Pemkot

SIASAT.CO.ID - Sebanyak 32 tim drum corps dari dalam dan luar negeri dengan total 3.000 peserta memeriahkan Kejuaraan Indonesia drum Corps International (IDCI) 2023 di Stadion Benteng Reborn, Tangerang, mulai 10 hingga 12 November 2023.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, mengapresiasi Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) sebagai penyelenggara utama kejuaraan drum corps ini. Sachrudin mengungkapkan kegembiraannya karena Kota Tangerang dipilih sebagai tuan rumah, berkat fasilitas yang beragam dan keanekaragaman budayanya.

"Dengan tersedianya beragam fasilitas dan keanekaragaman budaya, membawa Kota Tangerang menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan yang spektakuler ini," kata Sachrudin saat membuka kejuaraan di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (10/11/2023).

IDCI, diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta, dianggap sebagai jembatan untuk memperkenalkan keunggulan Kota Tangerang dalam mendukung konsep sportainment yang diadvokasi oleh Pemerintah Kota Tangerang.

"Berbagai kegiatan bertaraf nasional hingga internasional telah dan akan digelar di Kota Tangerang. Mulai dari Kejurnas Voli, Panjat Tebing hingga Motocross," tambahnya.

BACA JUGA:Wali Kota Tangsel: Kasus Monkeypox Bertambah, Langkah Medis Akan Diterapkan

Ketua Kormi Nasional, Hayono Isman, menyambut baik kegiatan olahraga marching band sebagai sarana positif untuk menyalurkan minat dan bakat anak-anak muda di Indonesia. Dia menekankan pentingnya menghargai semua peserta, bukan hanya yang menjadi juara.

Deputi 2 Kemenpora, Raden Isnanta, menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi pagelaran terbaik dari Kota Tangerang untuk Indonesia bahkan dunia. Dia menyoroti manfaat ekonomi yang dihasilkan dari acara ini, seperti penuhnya sektor hotel, peningkatan popularitas kuliner, dan daya tarik oleh-oleh lokal.

"Ini menjadi keuntungan untuk Kota Tangerang, dan semoga semangat ini tidak hilang begitu saja, tapi bisa diteruskan dengan beragam kegiatan nasional hingga internasional lainnya," ujarnya.

Presiden IDCI, Hari Doyo Sugianto, menyebutkan lima kategori lomba yang dilaksanakan, termasuk Street Parade, Sound Sport, Drumline Battle, dan Flag Ensemble. Dia berterima kasih atas dukungan penuh Kota Tangerang terhadap gelaran ini dan menyatakan harapannya agar acara ini menjadi persiapan bagi Indonesia menggelar ajang kompetisi dunia pada tahun 2025.

"Terima kasih banyak atas support penuh Kota Tangerang pada gelaran ini. Semoga acara ini menjadi persiapan khusus bagi Indonesia untuk ajang kompetisi dunia tahun 2025 yang akan dihelat di Indonesia," tutur Hari.

Sumber: