KPU Umumkan Panelis Debat Keempat Pilpres 2024, Fokus pada Isu Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Rabu 17-01-2024,17:00 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 11 nama panelis yang akan menghadiri debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Debat tersebut akan melibatkan tiga calon wakil presiden dan akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Minggu (21/1).

August Mellaz, salah satu komisioner KPU RI, mengungkapkan bahwa 11 panelis tersebut telah mengkonfirmasi kesediaan mereka dan akan dikarantina selama dua hari sebelum acara debat, yaitu pada Jumat (19/1).

"Untuk panelis, kami sudah mendapatkan konfirmasi kesediaan dari 11 orang yang akan kami karantina," kata August Mellaz setelah rapat final koordinasi penyelenggaraan debat.

Para panelis terdiri dari mayoritas akademisi dan beberapa praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil.

BACA JUGA:KPAI Minta KPU dan Bawaslu Tingkatkan Pemantauan untuk Lindungi Anak dalam Kampanye Pemilu

Di antara nama-nama panelis tersebut adalah Prof. Abrar Saleng (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam Universitas Hasanuddin), Dr. Arie Sudjito (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada), Prof. Arif Satria (Ahli Ekologi Politik/Rektor Institut Pertanian Bogor), Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria), Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform), dan Prof. Hariadi Kartodihardjo (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB).

Selain itu, terdapat juga Prof. Ridwan Yahya (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu), Rukka Sombolinggi (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), Prof. Sudharto P. Hadi (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010–2015), Prof. Sulistyowati Irianto (Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia), dan Tubagus Furqon Sofhani (Ahli Perencanaan Wilayah dan Pedesaan Institut Teknologi Bandung).

Debat keempat yang diselenggarakan oleh KPU akan menampilkan tiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud Md. (cawapres nomor urut 3). Debat ini akan membahas isu-isu seperti sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Rangkaian debat ini merupakan bagian dari kampanye Pilpres 2024 yang diatur oleh KPU RI. Masa kampanye telah dimulai sejak 28 November 2023 dan akan berlangsung hingga 10 Februari 2024.

Kategori :

Terpopuler