Selain Indonesia, Ini 11 Negara Lain yang Merdeka di Bulan Agustus

Selain Indonesia, Ini 11 Negara Lain yang Merdeka di Bulan Agustus

Negara-negara yang merdeka di bulan Agustus.--Foto: istimewa

SIASAT.CO.ID - Tidak lama lagi, bangsa Indonesia akan merayakan HUT ke-78 kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang. Kemerdekaan yang diraih mengingatkan betapa perjuangan pahlawan dalam merebut kemenangan sungguh mengilhami.

Namun, bangsa Indonesia tidak berdiri sendiri. Terdapat beberapa negara yang juga memperingati kemerdekaan mereka pada bulan Agustus.

Berikut adalah negara-negara yang juga mendapatkan kemerdekaan pada bulan Agustus, seperti yang tercantum dalam berbagai sumber yang berhasil dihimpun oleh Siasat, Senin (15/8/2023).

1. Malaysia

Malaysia merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus. Perayaan ini umumnya melibatkan parade militer. Malaysia meraih kemerdekaannya pada tahun 1957 setelah memperoleh kemerdekaan dari penjajahan Inggris.

2. Singapura

Tidak hanya Malaysia, Singapura juga merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 9 Agustus.

Singapura memperoleh kemerdekaannya bukan karena tekad masyarakatnya, melainkan karena ditolak oleh penjajah Inggris. Pada tanggal 9 Agustus 1965, Singapura memutuskan untuk keluar dari Federasi Malaysia.

BACA JUGA:Rais Aam PBNU: Manusia Makhluk Proyeksi Akhirat

3. Swiss

Swiss merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 1 Agustus. Pada tanggal tersebut, tiga negara bagian Swiss, yaitu Uri, Schwyz, dan Unterwalden, bersatu pada tahun 1921.

4. Bolivia

Negara Amerika Selatan, Bolivia, juga memperoleh kemerdekaannya pada bulan Agustus. Bolivia, yang berbatasan dengan Brasil, mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 6 Agustus 1825, melalui Magnacarta yang menandakan negara baru yang merdeka.

5. Ukraina

Sumber: