Menkominfo Budi Arie Minta Masyarakat Bijak Menghadapi Hoaks Terkait Bentrokan di Bitung

Menkominfo Budi Arie Minta Masyarakat Bijak Menghadapi Hoaks Terkait Bentrokan di Bitung

Masyarakat Bitung bentrok perihal isu Palestina dan Israel.--Foto: istimewa.

SIASAT.CO.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menghimbau masyarakat agar tidak terprovokasi oleh hoaks terkait bentrokan antar-dua kelompok massa di Bitung, Sulawesi Utara.

"Bersama-sama mari kita wujudkan Indonesia yang damai dan bermartabat dengan menggunakan platform digital secara bijak," ujar Budi seperti dilansir ANTARA, Minggu (26/11/2023).

Menkominfo Budi mengajak masyarakat untuk bijak dalam mencari informasi, merekomendasikan untuk merujuk pada sumber yang tepat, dan menyarankan agar menghubungi otoritas pemerintahan setempat untuk memastikan kebenaran informasi.

"Masyarakat bisa meminta informasi dari perwakilan pimpinan daerah terdekat untuk menghindari informasi simpang siur yang belum terverifikasi kebenarannya," ujarnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (25/11), terjadi penyampaian aksi oleh sekelompok massa di Kota Bitung yang hampir menciptakan bentrokan dengan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas).

BACA JUGA:BRIN Dukung Prabowo-Gibran Lanjutkan Hilirisasi untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

Beruntung, petugas keamanan berhasil mencegah bentrokan tersebut, dan situasi di pusat Kota Bitung kembali kondusif.

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi aman dan tidak menyebarkan foto serta video yang dapat memprovokasi.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan hal-hal yang dapat merusak kedamaian kepada perwakilan pemerintah atau aparat keamanan terdekat.

Maurits menegaskan pentingnya menjaga keamanan dengan tetap berinteraksi ramah dan sopan. Jika ada hal yang mencurigakan, masyarakat dapat segera melaporkannya ke Pusat Pengaduan melalui 112 atau menghubungi aparat pemerintah/TNI/Polri terdekat.

Sumber: