Transaksi e-Commerce Banten 2023 Capai Rp15,64 Triliun, Naik 11 Persen dari Tahun Sebelumnya

Transaksi e-Commerce Banten 2023 Capai Rp15,64 Triliun, Naik 11 Persen dari Tahun Sebelumnya

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Hario K Pamungkas pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, di Kantor BI Banten, Rabu (29/11/2023) malam.--Foto: ANTARA/Desi Purnama Sari

SIASAT.CO.ID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten melaporkan bahwa nilai transaksi e-Commerce di Provinsi Banten telah mencapai Rp15,64 triliun hingga Oktober 2023, menandai peningkatan sebesar 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, Hario K Pamungkas, menyampaikan informasi ini di Serang, Banten, pada Rabu malam, dan menyoroti pertumbuhan yang sangat positif pada triwulan III 2023 dalam transaksi digital di Banten.

Pamungkas menekankan bahwa Provinsi Banten menduduki peringkat tertinggi sebagai pengguna merchant QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di tingkat nasional.

"Banten menempati peringkat keempat sebagai provinsi dengan penggunaan merchant QRIS tertinggi di tingkat nasional," ungkapnya saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 di Kantor BI Banten.

Dia memberikan rincian bahwa nilai total e-Commerce mencapai Rp15,64 triliun hingga Oktober 2023, dengan total transaksi QRIS mencapai Rp4,43 triliun.

BACA JUGA:Pemprov Banten Dukung Penuh Aturan Opsen Pajak: Fokus pada Ekspansi Basis Pajak dan PAD

Dalam konteks penjualan e-Commerce, tiga kategori barang yang paling diminati belakangan ini adalah fashion, perawatan pribadi dan kosmetik, serta produk rumah tangga dan kantor.

"Kami optimis bahwa perkembangan e-Commerce akan terus tumbuh karena kinerja e-Commerce menunjukkan peningkatan, sesuai dengan beberapa data domestik," tambahnya.

Sumber: