Tentara Zionis Israel Sulap Bangunan di Gaza Jadi Sinagoge Selama Operasi Darat

Tentara Zionis Israel Sulap Bangunan di Gaza Jadi Sinagoge Selama Operasi Darat

Foto yang dirilis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada 16 November 2023 ini menunjukkan pasukan Israel melakukan operasi militer di bagian barat Kota Gaza.--Foto: IDF/Handout via Xinhua

SIASAT.CO.ID - Tentara Zionis Israel dilaporkan mengubah sebuah bangunan Palestina menjadi sinagoge Yahudi selama operasi darat mereka di Gaza utara. Pada Rabu (29/11), The Jerusalem Post melaporkan bahwa tentara Israel mendirikan sinagoge di tengah Jalur Gaza selama invasi darat mereka.

Meskipun tidak merinci lokasi bangunan yang dialihfungsikan, surat kabar tersebut memublikasikan foto pintu masuk yang dilengkapi dengan tenda besar bertuliskan "Kuil Abraham".

Foto-foto lain menunjukkan ruangan dalam bangunan dengan kursi, meja, dan buku-buku agama Yahudi.

Menurut laporan tersebut, para prajurit mengubah bangunan tersebut menjadi tempat ibadah mereka, menambahkan bangku dan meja untuk buku doa.

BACA JUGA:China Dorong Dialog Sebagai Solusi Konflik Palestina-Israel

Sinagoge tersebut diberi nama "Kuil Abraham", dan dilaporkan memiliki tanda yang menunjukkan waktu ibadah yang diperbarui setiap hari.

Laporan menyebutkan bahwa pada awal November, tentara IDF berdoa di sebuah sinagoge abad ke-6 di Gaza, menjadi momen pertama dalam hampir dua dekade di mana orang Yahudi diizinkan beribadah di situs tersebut.

Meskipun sinagoge kuno di Gaza dibangun pada tahun 508 M selama periode Bizantium dan telah digali pada 1965, sinagoge yang didirikan oleh tentara Israel tampaknya berlokasi di gedung yang berbeda dari tempat mereka beribadah pada awal November.

Sumber: