Lebih dari 90 Ribu Orang Tewas, Terluka, hingga Hilang di Gaza

Lebih dari 90 Ribu Orang Tewas, Terluka, hingga Hilang di Gaza

Para warga Palestina yang terluka, termasuk anak-anak, dibawa ke Rumah Sakit Nasser menyusul serangan Israel di Khan Yunis, Gaza, 8 Desember 2023. --Foto: Anadolu

SIASAT.CO.ID - Euro-Med Human Rights Monitor, lembaga pengawas hak asasi manusia yang berpusat di Jenewa, Swiss, melaporkan bahwa lebih dari 90.000 orang atau sekitar empat persen penduduk Gaza telah tewas, terluka, atau hilang.

Lembaga tersebut mengungkapkan bahwa serangan darat, laut, dan udara yang dilancarkan oleh Israel telah menghancurkan sekitar 70 persen infrastruktur sipil di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Menurut Euro-Med Human Rights Monitor, Israel telah membuat Jalur Gaza menjadi tak berpenghuni dengan memaksa ratusan ribu warga sipil mengungsi secara paksa.

Lembaga tersebut juga menyatakan bahwa masih terdapat ratusan jenazah yang tidak dapat dijangkau di jalan-jalan, terutama di lokasi serangan darat yang dilakukan oleh tentara Israel.

Euro-Med mengungkapkan bahwa serangan Israel merupakan upaya nyata untuk memperluas wilayah mereka hingga mencakup seluruh Jalur Gaza.

BACA JUGA:MER-C Indonesia Minta WHO Investigasi RS RI yang Diduga Jadi Markas Israel di Gaza

Selain itu, serangan tersebut juga dianggap melanggar hukum internasional dan diduga sebagai kejahatan perang, kejahatan terhadap manusia, dan genosida.

Laporan Euro-Med juga menyoroti bahwa Israel sering kali melarang masuknya pasokan kemanusiaan ke Jalur Gaza dan menggunakan kelaparan sebagai senjata.

Oleh karena itu, Euro-Med menekankan pentingnya pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) untuk menyelidiki pelanggaran yang telah didokumentasikan sejak Israel memulai perang genosida di Gaza.

Israel terus melancarkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza sebagai respons terhadap serangan lintas batas yang dilakukan oleh Hamas pada 7 Oktober.

Otoritas kesehatan Gaza melaporkan bahwa sedikitnya 22.600 warga Palestina telah tewas dan 57.910 lainnya terluka akibat serangan tersebut. Di sisi lain, hampir 1.200 orang Israel juga diyakini tewas dalam serangan yang dilancarkan oleh Hamas.

Serangan intensif Israel telah menyebabkan kehancuran di Gaza. Sekitar 60 persen infrastruktur di Gaza mengalami kerusakan atau hancur, dan hampir dua juta penduduk terpaksa mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Sumber: