Menyongsong Hari Gunung Internasional, Ini Pilihan Wisata Pendakian Gunung di Indonesia

Menyongsong Hari Gunung Internasional, Ini Pilihan Wisata Pendakian Gunung di Indonesia

Menyambut peringatan Hari Gunung Internasional yang dirayakan setiap tanggal 11 Desember, berikut adalah rekomendasi destinasi wisata pendakian gunung di Indonesia.--Foto: istimewa

SIASAT.CO.ID - Dalam menyambut peringatan Hari Gunung Internasional yang dirayakan setiap tanggal 11 Desember, berikut adalah rekomendasi destinasi wisata pendakian gunung di Indonesia yang dapat menjadi pilihan menarik bagi para pendaki atau pelancong.

1. Gunung Kembang (Wonosobo, Jawa Tengah)

Gunung Kembang, dengan ketinggian mencapai 2.340 meter di atas permukaan laut (mdpl), menjadi salah satu destinasi menarik di Jawa Tengah.

Terletak di Dukuh Blembem Kaliurip, Desa Damarkasihan, Kecamatan Kreteg, gunung ini memiliki dua jalur pendakian, yakni jalur Blembem dengan tarif masuk Rp25 ribu dan jalur Lengkong dengan tarif masuk Rp20 ribu.

Pendaki yang menjelajahi Gunung Kembang dapat menikmati keindahan alam sepanjang jalur pendakian, sambil disuguhi beragam jenis bunga yang menjadi daya tarik tersendiri.

Keunikan gunung ini terlihat dari pengelolaan yang ketat oleh pihak pengelola, termasuk pendataan barang setiap pendaki di pos keberangkatan.

BACA JUGA:Daftar Wisata Pantai Pasir Putih di Yogyakarta

Pendataan yang rinci diperlukan untuk memastikan ketiadaan barang terlarang dan mengurangi risiko terbuangnya sampah di kawasan Gunung Kembang.

2. Gunung Kelimutu (Flores, Nusa Tenggara Timur)

Gunung Kelimutu, yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, merupakan destinasi unik dengan tiga danau berwarna merah, biru, dan putih. Gunung ini termasuk dalam Taman Nasional Kelimutu, memiliki ketinggian 1.639 mdpl atau 5.377 kaki.

Para pendaki tak hanya dapat menikmati keindahan danau tetapi juga panorama alam sekitarnya dari puncak gunung. Lokasi ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Wisata di Ciwidey dan Penginapan, Cocok Bareng Keluarga

Sumber: