Menyongsong Hari Gunung Internasional, Ini Pilihan Wisata Pendakian Gunung di Indonesia

Menyongsong Hari Gunung Internasional, Ini Pilihan Wisata Pendakian Gunung di Indonesia

Menyambut peringatan Hari Gunung Internasional yang dirayakan setiap tanggal 11 Desember, berikut adalah rekomendasi destinasi wisata pendakian gunung di Indonesia.--Foto: istimewa

Akses ke Gunung Kelimutu dapat ditempuh melalui perjalanan sekitar 50 km dari Kabupaten Ende menuju Desa Moni hingga mencapai Taman Nasional Kelimutu.

Tarif masuknya adalah Rp5 ribu untuk pendaki domestik dan Rp150 ribu untuk pendaki mancanegara.

3. Gunung Papandayan (Garut, Jawa Barat)

Gunung Papandayan, dengan ketinggian 2.665 mdpl, terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Dua jalur pendakian tersedia, yaitu jalur Cisurupan dan jalur Pengalengan.

Pendaki akan menemui padang bunga edelweiss yang memukau dalam perjalanan menuju puncak, dengan aturan tegas melarang memetik bunga tersebut.

Fenomena alam menarik lainnya adalah hutan mati akibat erupsi masa lampau. Tiket masuk Gunung Papandayan dapat dibeli dengan harga Rp20 hingga Rp300 ribu, disesuaikan dengan kategori pendaki.

4. Gunung Batur (Bali)

Gunung Batur, sebuah gunung aktif dengan panorama menakjubkan dari Danau Batur, memiliki ketinggian 1.717 mdpl dan menjadi destinasi alam yang populer di Indonesia.

Terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, pendaki dapat mencapai Gunung Batur melalui perjalanan dari Latengaya atau Yehmampeh dalam waktu sekitar 30 menit.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata di Sumatera Barat, Dari Budaya Hingga Sejarah

Salah satu daya tarik Gunung Batur adalah kaldera di salah satu sisinya yang terbentuk karena pergeseran tanah dan batuan ke dalam bumi, hasil dari kekosongan kantung magma di bawah gunung berapi.

Tiket masuknya berkisar antara Rp75 hingga Rp550 ribu, disesuaikan dengan kebutuhan pendakian dan keberadaan pemandu.

5. Gunung Rinjani (Lombok, Nusa Tenggara Barat)

Sumber: