BMKG Imbau Pelayaran Waspada Tinggi Gelombang di Perairan Banten

BMKG Imbau Pelayaran Waspada Tinggi Gelombang di Perairan Banten

BMKG prediksi akan ada gelombang tinggi di perairan Banten.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan kepada pelaku pelayaran untuk mewaspadai tinggi gelombang mencapai 2,5 meter di wilayah Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Selat Sunda bagian Utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait tinggi gelombang yang berlaku mulai tanggal 17 hingga 18 Desember 2023," ujar Tatang Rusmana, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, di Serang, pada Minggu (17/12/2023).

Cuaca di wilayah tersebut memiliki potensi kurang bersahabat bagi pelaku pelayaran, dengan tinggi gelombang berkisar antara 1.25 hingga 2.50 meter, yang dapat membahayakan nelayan yang menggunakan perahu, kapal tongkang, kapal ferry, kapal kargo, dan kapal pesiar.

Dalam rangka mencegah kecelakaan laut, BMKG meminta agar warga, wisatawan, dan pelaku pelayaran tetap waspada ketika melewati Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, termasuk area Selat Sunda bagian Utara, serta jalur penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni.

BACA JUGA:BMKG Sampaikan Peringatan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Banten

"Kami mengeluarkan peringatan dini untuk mencegah potensi kecelakaan laut," ungkap BMKG.

Sementara itu, cuaca di wilayah Banten diprediksi cerah berawan sepanjang Minggu dari pagi hingga malam hari, meliputi Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 24-34 derajat Celsius, dengan kelembapan udara mencapai 55-90 persen, dan angin bertiup dari Barat Daya hingga Barat dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

Sumber: