Anies Komitmen Bangun Lapangan-Lapangan Sepak Bola Berstandar FIFA di Maluku

Anies Komitmen Bangun Lapangan-Lapangan Sepak Bola Berstandar FIFA di Maluku

Calon Presiden RI Anies Baswedan saat kegiatan "Desak Anies" di Ambon, Maluku, Senin (15/1/2024).--Foto: Dok. Timnas AMIN

SIASAT.CO.ID - Calon Presiden RI, Anies Baswedan, berkomitmen untuk membangun lapangan-lapangan sepak bola berstandar FIFA di tengah-tengah perkampungan di Maluku guna menghasilkan bibit-bibit pesepak bola kelas dunia.

Menurut Anies, sepak bola telah menjadi bagian dari budaya yang mempersatukan masyarakat di Maluku, terutama di Ambon.

Anies mengungkapkan bahwa ada kisah Cahaya dari Timur yang mengisahkan bagaimana sepak bola dapat menyatukan berbagai golongan masyarakat di daerah tersebut.

"Kami akan membangun lapangan-lapangan sepak bola di kampung-kampung yang berstandar FIFA. Rumputnya harus berstandar FIFA, jangan diganti. Tolong jangan mengganti-ganti rumputnya karena hal itu akan menyulitkan nantinya," ujar Anies dalam kegiatan Desak Anies di Ambon, Maluku, yang dipantau dari Jakarta pada Senin (15/1/2024).

Anies juga menegaskan bahwa lapangan-lapangan ini akan dibangun di kampung-kampung agar anak-anak dari keluarga yang belum sejahtera juga dapat memanfaatkannya.

BACA JUGA:TKN Puji Langkah Polri Sigap Tangkap Pengancam Anies

Lapangan-lapangan berstandar FIFA yang dilengkapi dengan tribun akan disediakan secara gratis untuk siapa pun.

Anies menyadari bahwa hingga saat ini, lapangan-lapangan berstandar FIFA hanya dapat digunakan oleh anak-anak dari keluarga yang mampu.

Oleh karena itu, Anies ingin negara hadir untuk memfasilitasi masyarakat yang kurang mampu tersebut.

Anies mencontohkan pengalaman di Jakarta ketika ia menjabat sebagai gubernur. Lapangan-lapangan berstandar FIFA dibangun di tengah-tengah perkampungan padat.

"Kami menuliskan dengan jelas bahwa lapangan ini tidak boleh digunakan untuk komersialisasi. Lapangan ini untuk digunakan oleh masyarakat umum," katanya.

BACA JUGA:Pemilik Akun TikTok yang Ancam Anies Ditangkap di Jember

Apabila lapangan-lapangan tersebut telah terbangun, Anies juga berharap dapat menyelenggarakan kompetisi sepak bola berjenjang sepanjang tahun yang konsisten setiap tahunnya.

Dengan adanya kompetisi, Anies yakin akan muncul bibit-bibit pemain hebat.

Sumber: