USAID IUWASH: 98,91 Persen Warga Kota Tangerang Sadar Cuci Tangan Pakai Sabun

USAID IUWASH: 98,91 Persen Warga Kota Tangerang Sadar Cuci Tangan Pakai Sabun

Seorang pelajar di Kota Tangerang sedang melakukan cuci tangan sebagai bagian dari menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.--Foto: Dinkes Kota Tangerang

SIASAT.CO.ID - USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation and Hygiene (USAID IUWASH) Tangguh mengungkapkan bahwa 98,91 persen warga Kota Tangerang sudah memiliki kebiasaan untuk melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun.

Temuan ini diungkapkan oleh City Facilitator USAID IUWASH Tangguh Kota Tangerang, Achmad Bachtiar, dalam sebuah survei baseline Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang dilakukan di Kelurahan Margasari dan Kelurahan Kebon Besar.

Hasil survei yang melibatkan 367 responden juga mencatat bahwa ketersediaan sarana prasarana CTPS permanen di Kota Tangerang mencapai 88,28 persen.

Bachtiar menyatakan, berdasarkan hasil survei ini, pihaknya akan mendorong Pemerintah Kota Tangerang untuk membuat kebijakan yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kesehatan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Tangerang, Sari Nur Arofah, menambahkan bahwa hasil survei ini akan menjadi bahan evaluasi dalam perumusan kebijakan kesehatan di Kota Tangerang.

BACA JUGA:Ada Pelatihan Komputer di BLK Kota Tangerang, Ini Cara Daftarnya

Selain itu, hasil survei tersebut juga akan membantu merekomendasikan kebijakan-kebijakan dalam pencegahan penyakit berbasis lingkungan dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kota Tangerang.

"Hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh USAID IUWASH Tangguh akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat, terutama ini semua akan mempunyai implikasi yang besar terhadap peningkatan kualitas kesehatan di Kota Tangerang," ujar Sari Nur Arofah, Selasa (16/1/2024).

Selain itu, USAID IUWASH Tangguh dan Dinkes Kota Tangerang akan terus bekerja sama dalam mempromosikan kebiasaan CTPS yang baik kepada masyarakat Kota Tangerang.

Hal ini sejalan dengan target yang telah ditetapkan untuk mencapai perubahan sebesar 30 persen pada tahun 2027 mendatang.

"Kami akan merumuskan berbagai upaya untuk meningkatkan penggunaan sabun saat cuci tangan di kalangan semua lapisan masyarakat Kota Tangerang, terutama melalui materi-materi edutainment yang memanfaatkan media sosial yang ada," katanya.

Sumber: