4 Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

4 Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

Pengendara roda dua menerobos hujan di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (9/8/2021).--Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/hp.

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, telah mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir untuk empat daerah di Banten pada Selasa.

Keempat daerah tersebut antara lain Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Tatang, di Serang, Selasa, menyebutkan bahwa peluang cuaca buruk tersebut terjadi pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana alam, seperti longsor, pohon tumbang, pergerakan tanah, banjir, dan gelombang tinggi.

Selain itu, juga ada potensi angin kencang di wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kota Serang.

Sementara itu, pada siang hari berpotensi hujan intensitas ringan serta sedang terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Namun, untuk Kota Cilegon, Kota Tangerang dan Kota Serang pada saat hari cerah berawan.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG: Waspada Tinggi Gelombang 2,50 Meter dan Potensi Hujan Angin

Tatang juga menginformasikan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 60-95 persen dengan tiupan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dan kecepatan 05-45 kilometer per jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Untuk penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten) - Bakauheni (Lampung), kata Tatang, hari ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter.

Sumber: