Wakil Wali Kota Tangsel Ingatkan Petugas KPPS Jaga Integritas di Pemilu 2024

Wakil Wali Kota Tangsel Ingatkan Petugas KPPS Jaga Integritas di Pemilu 2024

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, mengingatkan 26.894 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk menjaga integritasnya dalam menjalankan tugas di Pemilu 2024.

"Jaga integritas agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai, adil, dan tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan lancar," ujar Pilar Saga Ichsan dalam keterangannya di Tangerang, Minggu.

Pilar menambahkan bahwa Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah menyiapkan perlindungan dan bantuan untuk petugas KPPS bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap kejadian yang terjadi pada Pemilu 2019.

"Kali ini kami menyediakan santunan kematian. Kami khawatir akan terjadi peristiwa seperti di 2019, santunan kematian tersebut berupa BPJS Ketenagakerjaan, dan sudah didaftarkan," ungkapnya.

BACA JUGA:108 Tenaga Kesehatan Disiagakan di TPS Tangsel untuk Jaga Kesehatan Petugas Pemilu

Selain itu, Pemkot Tangerang Selatan juga memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan pengecekan kesehatan secara rutin kepada petugas KPPS dan lainnya. "Kami juga menyediakan pelayanan gratis bagi petugas KPPS yang sakit," tambahnya.

M. Taufiq MZ, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, mengatakan bahwa sebanyak 26.894 petugas KPPS telah dilantik pada Kamis (25/1) di tujuh wilayah kecamatan.

Setelah pelantikan, telah dilakukan penanaman 26.900 bibit pohon di 3.831 lokasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai penggantian jumlah kebutuhan kertas yang digunakan.

"Total kebutuhan kertas untuk logistik Pemilu 2024 secara nasional adalah sekitar 65.998 ton. Jika dihitung, 65.989.000 kilogram kertas dapat digantikan dengan 5.709.898 bibit pohon, sehingga setiap bibit pohon dapat menggantikan 11,6 kilogram kertas," jelasnya.

"Maka di Tangsel diharapkan bisa berkontribusi bibit pohon sebanyak 3,12 ton," pungkasnya.

Sumber: