BMKG: Hujan Lebat dan Angin Kencang Ancam Wilayah Banten

BMKG: Hujan Lebat dan Angin Kencang Ancam Wilayah Banten

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Serang.--Foto: ANTARA/Mansur

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat di tujuh daerah di Provinsi Banten pada Jumat.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tatang menyampaikan bahwa kondisi cuaca tersebut dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti longsor, pohon tumbang, pergerakan tanah, banjir, dan gelombang tinggi.

Daerah yang berpotensi terkena hujan lebat dan angin kencang tersebut meliputi Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Namun, Kota Cilegon dinyatakan relatif aman dari cuaca buruk tersebut.

Pada pagi hari, cuaca di wilayah Banten dan sekitarnya cerah berawan. Namun, pada siang hari terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Suhu udara rata-rata berkisar antara 23 hingga 32 derajat Celsius, dengan tingkat kelembapan mencapai 60 hingga 95 persen.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Cuaca Buruk di Banten

Angin bertiup dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 5 hingga 20 kilometer per jam.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait keselamatan pelayaran, terutama bagi perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia.

Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1,25 hingga 2,50 meter (sedang) di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sementara itu, penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni untuk hari ini dinyatakan relatif normal dan aman, dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara mencapai 1,25 meter (rendah).

Sumber: