Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Ancam 7 Daerah di Banten

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Ancam 7 Daerah di Banten

Ilustrasi - Dua orang pesepeda menembus hujan lebat.--Foto: ANTARA/Wahyu Putro

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang dapat terjadi di tujuh daerah di Banten pada Sabtu (3/2/2024).

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG, Tatang, menjelaskan bahwa daerah-daerah yang perlu mewaspadai kondisi cuaca ini antara lain Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

BMKG menekankan bahwa cuaca buruk ini dapat menyebabkan bencana alam seperti longsor, pohon tumbang, pergerakan tanah, banjir, dan gelombang tinggi.

Namun, Kota Cilegon dinyatakan relatif aman dari ancaman cuaca buruk tersebut.

Pada siang hari, seluruh daerah di Banten dan sekitarnya berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

BACA JUGA:BMKG: Hujan Lebat dan Angin Kencang Ancam Wilayah Banten

Suhu udara rata-ratanya berkisar antara 23-32 derajat Celsius, sedangkan tingkat kelembapan mencapai 65-95 persen.

Angin bertiup dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 05-20 kilometer per jam.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan kepada pelaku pelayaran, terutama perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia.

Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1,25 sampai 2,50 meter (sedang) di pesisir Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

Namun, untuk penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten)-Bakauheni (Lampung), kondisinya relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara hanya sekitar 1,25 meter (rendah).

Sumber: