Peringatan Dini BMKG: Enam Wilayah Banten Waspadai Cuaca Ekstrem

Peringatan Dini BMKG: Enam Wilayah Banten Waspadai Cuaca Ekstrem

Prakiraan cuaca BMKG di wilayah Banten akan ada angin kencang.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperingatkan adanya potensi cuaca ekstrem di enam wilayah Banten berupa hujan deras, angin kencang dan petir pada Sabtu.

Tatang, Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Banten, pada hari Sabtu di Serang, memaparkan bahwa cuaca ekstrem ini berpotensi memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung, dan gelombang tinggi.

Enam daerah di Banten yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut meliputi Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Serang.

Dengan demikian, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini untuk waspada cuaca buruk di enam daerah tersebut demi mengurangi risiko bencana.

Namun, Kota Tangerang dan Kota Cilegon dinyatakan relatif aman dari ancaman cuaca buruk tersebut.

BACA JUGA:BMKG Antisipasi Cuaca Banten: Cerah Berawan hingga Potensi Hujan Ringan

Di pagi dan siang hari, wilayah Banten dan sekitarnya diperkirakan berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, dengan suhu udara berkisar antara 23-32 derajat Celcius.

Kelembapan udara diperkirakan antara 60-95 persen dan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk para pelaut, khususnya nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudra Hindia.

Tinggi gelombang diperkirakan antara 1,25 hingga 2,50 meter (sedang) di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sementara itu, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Merak (Banten) ke Bakauheni (Lampung) pada hari ini dinyatakan normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara sekitar 1,25 meter (rendah).

Sumber: