Pemkab Tangerang Data Pendatang Pasca Lebaran 2024

Pemkab Tangerang Data Pendatang Pasca Lebaran 2024

Pemkab Tangerang tengah mengumpulkan data penduduk atau pendatang baru yang tiba di wilayah tersebut setelah Lebaran 2024.--Foto: Dok. Diskominfo Kab. Tangerang

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tangerang (Pemkab Tangerang) tengah mengumpulkan data penduduk atau pendatang baru yang tiba di wilayah tersebut setelah Lebaran 2024.

"Kita sedang melakukan pendataan pendatang baru untuk memastikan mereka tercatat dalam kependudukan wilayah kita," kata Plt Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang, Hedi Mochamad Hertadi, Rabu (17/4/2024).

Hedi menjelaskan bahwa dengan adanya peningkatan mobilitas pendatang baru, diperlukan informasi mengenai kondisi, perkembangan, dan data penduduk secara temporer. 

"Saat ini kita masih dalam proses pendataan. Kemungkinan setelah seminggu pasca-Lebaran, kita akan mendapatkan data tersebut," ungkapnya.

BACA JUGA:Antusiasme Tinggi, Program Mudik Gratis Pemkab Tangerang 2024 Dikuti Ribuan Warga

Menurut Hedi, tidak ada peningkatan signifikan jumlah pendatang baru pada periode Lebaran tahun ini.

"Tidak ada peningkatan yang signifikan, sama seperti tahun sebelumnya yang hanya meningkat satu persen dari total penduduk Kabupaten Tangerang," terangnya.

Hedi menyebut beberapa faktor penyebab dari stagnasi jumlah pendatang baru di Kabupaten Tangerang.

"Kondisi pembangunan nasional yang merata di beberapa daerah, termasuk infrastruktur, serta perekonomian nasional yang membaik dan pemerataan lapangan kerja yang semakin banyak pilihan di seluruh Indonesia, telah menurunkan mobilitas penduduk dari daerah ke kota besar," jelas Hedi.

"Jumlah pendatang baru ke Kabupaten Tangerang saat ini sekitar ratusan. Detail data akan kami sampaikan setelah seminggu pasca-pendataan," pungkas Hedi.

Sumber: