Dinkes Kabupaten Tangerang Komitmen Vaksinasi Hepatitis-B untuk 400 Nakes

Jumat 10-11-2023,22:00 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, telah menetapkan target vaksinasi hepatitis-B untuk sebanyak 400 tenaga kesehatan (nakes) di wilayah tersebut.

Achmad Muchlis, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menyampaikan di Tangerang pada Jumat (10/11/2023), bahwa target vaksin ini merupakan langkah preventif dalam mengendalikan penyebaran penyakit hepatitis.

Harapannya, melalui vaksinasi ini, para tenaga kesehatan yang berisiko dapat memperoleh kekebalan terhadap virus Hepatitis, menjaga kesehatan dan keselamatan mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan.

"Saat ini tenaga kesehatan dan tenaga medis kita secara simbolis 20 orang untuk divaksinasi, dan nanti secara bertahap akan terus diberikan vaksinasi," katanya.

Ia menyebutkan, dari targetkan sebanyak 400 nakes yang akan diberikan imunisasi hepatitis-B itu dilakukan secara bertahap dengan dimulai pada 8 November 2023 hingga Maret 2024.

BACA JUGA:Jaringan Santri Garut Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud dan Gelar Do'a untuk Kemerdekaan Palestina

"Di RSUD Tangerang sendiri menjadi tempat pencanangan secara bertahap, kami laksanakan hingga Maret 2024," ujarnya

Sementara itu, sebanyak 541.243 para tenaga kesehatan tersebut masuk dalam program pemberian imunisasi hepatitis-B oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan imunisasi hepatitis-B bagi tenaga kesehatan tersebut diberikan di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Tangerang.

Menurutnya kegiatan imunisasi hepatitis-B tersebut diikuti oleh delapan provinsi yang ada di Indonesia, diantaranya Provinsi Banten, Kalimantan Selatan, Bali, Lampung, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Papua Selatan dan Jawa Tengah.

"Untuk itu, kita mulai pencanangan imunisasi hepatitis B untuk tenaga kesehatan dan tenaga medis," pungkasnya.

Kategori :

Terpopuler