27 Puskesmas di Kabupaten Tangerang Raih Penghargaan Paripurna dari Kemenkes

Selasa 09-01-2024,08:00 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Sebanyak 27 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Tangerang berhasil meraih predikat paripurna dalam proses penilaian akreditasi dan re-akreditasi yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis, mengungkapkan hasil paripurna diraih oleh 27 puskesmas, termasuk Puskesmas Kutabumi.

“Masih ada 17 puskesmas yang masih menunggu hasil penilaian," kata Achmad di Tangerang, Senin (8/1/2024).

Prestasi paripurna ini dianggap sebagai pengakuan tertinggi yang diberikan oleh Lembaga Penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Kemenkes RI.

Muchlis menekankan bahwa akreditasi dan re-akreditasi bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas, memastikan layanan yang diberikan kepada masyarakat mencapai tingkat maksimal.

BACA JUGA:Pemkab Tangerang Dorong Transparansi Lewat Informasi Program Prioritas

Dalam penilaian, indikatornya diatur sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Muchlis berharap pencapaian ini dapat dijadikan motivasi bagi puskesmas lainnya, sambil menekankan bahwa sistem manajemen dan mutu pelayanan menjadi fokus utama dalam penilaian.

"Sertifikat Paripurna ini berlaku mulai 26 Oktober 2023 - 26 Oktober 2028. Dengan hasil yang memuaskan ini, UPTD Puskesmas Kutabumi terus berkomitmen meningkatkan kinerja dan fasilitas puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat," tutur Muchlis.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan hasil akreditasi per 8 Januari 2023 untuk sejumlah Puskesmas di Kabupaten Tangerang yang berhasil meraih predikat paripurna.

Daftar Puskesmas tersebut mencakup Puskesmas Cisauk, Puskesmas Pasir Nangka, Puskesmas Bojong Nangka, Puskesmas Legok, Puskesmas Kedaung Barat, Puskesmas Jalan Emas, Puskesmas Curug, Puskesmas Pagedangan, Puskesmas Sukamulya, Puskesmas Pasir Jaya, Puskesmas Kronjo, Puskesmas Caringin, Puskesmas Suradita, Puskesmas Tigaraksa, Puskesmas Teluknaga, Puskesmas Sukadiri, dan Puskesmas Kresek.

BACA JUGA:ASN Pemkab Tangerang Terima 1.500 Bibit Cabai dalam Upaya Atasi Inflasi

Selain itu, terdapat Puskesmas Kutabumi, Puskesmas Binong, Puskesmas Rajeg, Puskesmas Cikupa, Puskesmas Jayanti, Puskesmas Sindang Jaya, Puskesmas Tegal Angus, Puskesmas Gunung Kaler, Puskesmas Jalan Kutai, dan Puskesmas Gembong yang juga berhasil meraih hasil paripurna dalam akreditasi Kemenkes tersebut.

Kategori :

Terpopuler