Lewat Mesir, Bantuan Kemanusiaan Indonesia Sukses Tiba di Gaza

Lewat Mesir, Bantuan Kemanusiaan Indonesia Sukses Tiba di Gaza

Bantuan Indonesia untuk Gaza sukses sampai ke Gaza melewati Mesir.--Foto: TNI AU

SIASAT.CO.ID - Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk warga Gaza, Palestina, yang menjadi korban perang, akhirnya berhasil mencapai wilayah Gaza. Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC), Marwan, menyatakan bahwa seluruh Bantuan yang dikirim menggunakan 600 truk telah berhasil masuk melalui gerbang Rafah, Mesir.

"Gudang-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh karena penyaluran ke Gaza berjalan lancar," ujar Marwan, dikutip dari Antara, Ahad (12/11/2023).

Bantuan ini merupakan dukungan dari pemerintah Indonesia dan masyarakat, dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia.

Ketua Baznas RI, Noor Achmad, menyatakan bahwa bantuan ini disaksikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf. "Alhamdulillah, bantuan tahap pertama lancar tanpa hambatan. Semoga pengiriman bantuan berikutnya juga berjalan dengan lancar," ucap Noor.

Noor menegaskan akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, KBRI Kairo, dan ERC untuk memantau distribusi bantuan kemanusiaan ini, memastikan 100 persen tersalur kepada warga Palestina.

BACA JUGA:OKI Beri Mandat ke Indonesia Bantu Hentikan Perang di Gaza

"Kami berharap bantuan yang telah memasuki Gaza dapat segera didistribusikan untuk meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di sana," tuturnya.

Pengiriman bantuan pemerintah Indonesia seberat lebih dari 50 ton ke Gaza dilakukan pada Ahad (4/11/2023) lalu. Dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330 dikirim melalui dua rute penerbangan berbeda.

Meski sempat tertahan di Mesir karena kendali Israel atas Gaza, bantuan kemanusiaan ini kini telah sukses mencapai tujuannya.

Sebagai respons peduli terhadap warga Palestina, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui NU Care-LAZISNU PBNU mengajak masyarakat untuk menyumbangkan dana kemanusiaan melalui rekening BSI 7015 654 583 a/n PP LAZIS NU Non Zakat atau rekening BCA 0680 1926 77 a/n Yayasan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU, atau melalui tautan nucare.id/program/pedulipalestina.

Sumber: