Pemkab Tangerang Raih Dua Anugerah Meritokrasi 2023 dari KASN

Pemkab Tangerang Raih Dua Anugerah Meritokrasi 2023 dari KASN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meraih dua Anugerah Meritokrasi 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia terkait manajemen kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN). Dua kategori berhasil diraih sekaligus dengan predikat sang--Foto: ANTARA/HO-Pemkab Tangerang

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang meraih dua Anugerah Meritokrasi 2023 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia terkait manajemen kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN). Penghargaan ini mencakup dua kategori sekaligus dan diberikan dengan predikat sangat baik.

KASN menyelenggarakan Anugerah Meritokrasi di Yogyakarta pada Kamis (7/12), di mana 13 instansi pemerintah mendapatkan penghargaan atas penerapan manajemen talenta, 34 instansi meraih kategori sistem merit "Sangat Baik", dan 96 instansi mendapatkan predikat "Baik".

Sejak tahun 2019 hingga akhir 2023, KASN telah menilai penerapan sistem merit di 583 instansi pemerintah. Hasilnya mencatat 91 instansi pemerintah berada dalam kategori "Sangat Baik", 157 dalam kategori "Baik", 78 dalam kategori kurang, dan 191 instansi pemerintah dalam kategori buruk.

Penilaian terhadap sistem merit menjadi aspek penting dalam meningkatkan kinerja ASN. Oleh karena itu, penguatan kebijakan kelembagaan manajemen ASN berbasis sistem merit dianggap krusial dalam upaya meningkatkan pelayanan publik melalui pengembangan SDM ASN yang handal.

RPJMN 2020-2024 Dukung Reformasi Birokrasi

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020, telah menetapkan Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan sebagai arah kebijakan dan strategi nasional. Sasaran ini, termasuk Persentase Instansi Pemerintah dengan Indeks Sistem Merit Kategori "Baik” dan “Sangat Baik."

KASN menjalankan serangkaian kegiatan pembinaan dan penilaian, mencakup hasil penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN, kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi, dan kepatuhan terhadap Penerapan Norma Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku ASN di instansi pemerintah.

BACA JUGA:Pemkab Tangerang Jadi Instansi dengan Penerimaan PPPK Tertinggi di Indonesia

Pentingnya aparatur sipil negara (ASN) yang profesional untuk menciptakan birokrasi yang andal dan berkelas dunia mendorong perlunya penerapan sistem merit di seluruh instansi pemerintah.

KASN, sebagai lembaga yang memfasilitasi implementasinya, memberikan Anugerah Meritokrasi sebagai penghargaan kepada instansi pemerintah yang berhasil mencapai penilaian baik atau sangat baik dalam penerapan sistem merit.

Ketua KASN, Agus Pramusinto, secara langsung menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum, Prima Saras Puspa, dalam dua kategori sekaligus.

Penghargaan tersebut meliputi penerapan sistem merit ASN dengan indeks 350,5 dan kualitas pengisian Jabatan Tinggi Pratama (JPT) dengan indeks 92,7, keduanya meraih predikat sangat baik.

Keberhasilan Pemkab Tangerang dalam mencapai penerapan sistem merit yang sangat baik menjadi hasil kerja keras Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang berkomitmen untuk terus memperbaiki manajemen ASN.

BACA JUGA:Pemkab Tangerang Bikin Gerakan ASN Tanam Cabai di Pekarangan

Sumber: