2.120 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Debat Perdana Capres 2024

2.120 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Debat Perdana Capres 2024

Anggota korps Brimob Polri melakukan penjagaan jelang putusan pengumuman penetapan Paslon Capres-Cawapres 2024 di depan Kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023). Kepolisian menurunkan sebanyak 1.990 personel gabungan yang terdiri dari Personel Polda Metro --Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.

SIASAT.CO.ID - Sebanyak 2.120 personel gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait diterjunkan oleh kepolisian untuk menjaga keamanan debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, yang dijadwalkan dimulai pukul 19.00 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, menyatakan bahwa pengamanan gabungan ini telah dipersiapkan, melibatkan TNI, Polri, dan instansi terkait. Pemetaan dilakukan untuk menentukan penempatan anggota di ring satu hingga kegiatan di ring luar KPU.

Selain itu, KPU telah menetapkan tata tertib untuk para pendukung pasangan calon (paslon). Pembatasan jumlah pendukung, hanya undangan yang diizinkan masuk, dan larangan membawa alat peraga kampanye, kecuali pakaian yang melekat di tubuh, sudah diatur.

"Jumlah pendukung paslon dibatasi, hanya beberapa orang, dan KPU sudah menetapkan tata tertib. Kami akan menjalankan tugas teknis pengamanan dengan penuh tanggung jawab," ujar Susatyo, Selasa (12/12/2023).

BACA JUGA:Ganjar-Mahfud Rembukan di Gedung High End Sebelum Terjun Debat Perdana Pilpres 2024

Sterilisasi Jalan 

Di Kantor KPU, Jakarta Pusat, dilakukan sterilisasi atau rekayasa jalan di sekitar lokasi dan di depan KPU mulai pukul 16.00 WIB. Tujuannya adalah menjaga kelancaran arus lalu lintas, terutama di kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

"Debat ini merupakan salah satu tahapan Pemilu 2024, sehingga harus dijamin keamanan dan kelancarannya. Kami menekankan kepada seluruh anggota untuk menjalankan tugas pengamanan ini dengan pendekatan yang humanis," terang Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Selain itu, Susatyo mengimbau kepada warga yang berencana melintas di sekitar KPU RI pada Selasa sore untuk mencari jalur alternatif, mengingat akan ada rekayasa lalu lintas di area tersebut.

"Simpatisan dan pendukung paslon yang ingin menyaksikan prosesi debat calon presiden juga diimbau untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama acara," katanya.

BACA JUGA:Direktur Eksekutif TPN Ganjar-Mahfud Dukung Amnesty: HAM Jadi Fokus Debat Capres-Cawapres

Dalam rangka penyelenggaraan debat calon presiden pada Selasa malam, beberapa rekayasa lalu lintas diterapkan di beberapa titik strategis, antara lain:

1. Lampu Lalulintas (Traffic Light/TL) Imam Bonjol atau Graha Mandiri:

   - Kendaraan dari arah Bundaran HI yang menuju Jalan Imam Bonjol akan dialihkan ke Jalan H Agus Salim atau Jalan Pamekasan.

Sumber: