Panen Durian di Lebak Mundur ke 2024 karena Kemarau Panjang

Panen Durian di Lebak Mundur ke 2024 karena Kemarau Panjang

Panen durian oleh petani di Lebak terpaksa mundur hingga Januari-Februari 2024 akibat dampak kemarau panjang yang disebabkan oleh fenomena El Nino.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Kelompok tani di Kabupaten Lebak, Banten, mengungkapkan bahwa panen durian di wilayah tersebut terpaksa mundur hingga Januari-Februari 2024 akibat dampak kemarau panjang yang disebabkan oleh fenomena El Nino.

"Seharusnya, panen raya durian varietas unggul diharapkan pada bulan Oktober-Desember 2023," ujar Ketua Kelompok Tani Desa Sangkanwangi, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Hendi Suhendi, dikutip dari Antara Selasa (19/12/2023).

Dia memberikan contoh kebun durian miliknya yang memiliki berbagai varietas unggul, dengan 600 batang pohon di lahan seluas 8 hektare.

Meskipun sebagian sudah berbuah, namun panen baru dapat dilakukan pada Januari - Februari 2024.

Hendi menekankan bahwa panen durian varietas unggul ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para petani durian di daerah tersebut.

BACA JUGA:Petani Serang Panen Raya Jagung Komposit Jakarin Putih dan Ungu

Hendi menyatakan saat musim panen durian, para penggemar durian dari berbagai daerah memadati perkebunan di sejumlah lokasi di Kabupaten Lebak. 

"Konsumen datang ke sini bersama keluarga atau rombongan untuk membeli durian secara langsung dari petani atau pengepul di area ini," ungkap Hendi.

Dia menambahkan, variasi durian unggul yang dikembangkan mencakup montong, durian otong, durian si radio, durian hepi, musang king, sangkanwangi 1, dan durian matahari.

Pengembangan durian varietas unggul ini dilengkapi dengan sertifikasi dari Badan Pengawas Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Banten melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

BACA JUGA:Menteri Perdagangan: Harga Cabai Mesti Dinaikkan guna Menekan Kerugian Petani

BACA JUGA:Harga Bahan Pokok di Lebak Belum Turun, Pemda Tak Mampu Gelar Pasar Murah

BACA JUGA:Bapanas Salurkan Bantuan Pangan ke Ribuan Keluarga Risiko Stunting di Lebak

Sebagai tambahan, Hendi juga menjual benih durian varietas unggul dengan harga Rp25 ribu untuk ukuran 30 centimeter dan Rp100 ribu per pohon untuk ukuran 100 centimeter.

Sumber: