Ganjar Buka Peluang Kolaborasi dengan Anies Jika Pilpres 2024 Dua Putaran

Ganjar Buka Peluang Kolaborasi dengan Anies Jika Pilpres 2024 Dua Putaran

Capres nomor urut satu Anies Baswedan (tengah) menyalami capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri), disaksikan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka usai debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).--Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/aa.

SIASAT.CO.ID - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyatakan bahwa ia membuka peluang untuk berkolaborasi dengan pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, jika Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 harus dilakukan dalam dua putaran.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ganjar di Hetero Space Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sebagai tanggapan terhadap pertanyaan awak media mengenai salaman Anies Baswedan dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Puan Maharani, setelah debat ketiga antara para calon presiden di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu malam.

"Ya, semua kemungkinan bisa terjadi. Saya juga berjabat tangan dengan Mas Anies, berjabat tangan juga dengan Pak Prabowo. Jadi, saya berjabat tangan dengan semuanya," ujar Ganjar dalam keterangan yang diterima di Jakarta pada Selasa (9/1/2024).

Sementara itu, Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta, merahasiakan isi percakapannya dengan Puan Maharani setelah mengikuti debat ketiga yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ya, nanti ceritanya saja," kata Anies saat menjawab pertanyaan wartawan di Provinsi Gorontalo pada Senin lalu.

BACA JUGA:Analisis Pakar: Performa Ganjar di Debat Ketiga Bikin Kaget

Anies menjelaskan bahwa dirinya dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar hanya fokus untuk menyapa semua orang yang ada di lokasi debat.

"Setelah debat selesai, kami berjabat tangan dengan semua orang yang ada di sana. Jika tidak ada di sekitar area debat, tentu saja tidak mungkin berjabat tangan, karena kami tidak tahu di mana mereka berada. Jadi, kami berjabat tangan dengan semua orang yang ada di sana, termasuk Mbak Puan," kata Anies.

Setelah debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU RI menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para calon presiden.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan oleh KPU di Jakarta pada hari Minggu meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024, yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dengan nomor urut 3.

BACA JUGA:Prabowo Kecewa Berat dengan Narasi Anies-Ganjar dalam Debat Ketiga

KPU juga telah menetapkan masa kampanye yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Sumber: