Buka Rekrutmen BUMN, Erick Berharap Ciptakan Lapangan Kerja dan Talenta Unggul

Buka Rekrutmen BUMN, Erick Berharap Ciptakan Lapangan Kerja dan Talenta Unggul

Gedung Kementerian BUMN di Jakarta, Senin (5/2/2024).--Foto: ANTARA/Harianto

SIASAT.CO.ID - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dengan BUMN melalui Program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) pada bulan Maret 2024.

Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, menyatakan bahwa tidak hanya induk/holding BUMN yang terlibat dalam RBB tahun ini, tetapi juga anak perusahaan, cucu perusahaan, dan perusahaan afiliasi BUMN.

"Harapan saya, dengan adanya peningkatan cakupan penerimaan, RBB dapat menciptakan lapangan kerja yang luas bagi putra-putri terbaik dan menghasilkan talenta unggul bagi bangsa," ujar Erick, dikutip Kamis (8/2/2024).

Menurut Erick, program ini sangat penting untuk mendukung keberagaman dan transformasi di grup BUMN, sehingga BUMN dapat menjadi pemain global dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia.

"Kesempatan ini juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," tambah Erick.

BACA JUGA:Rekrutmen BUMN Resmi Dibuka 11 Mei 2023

Ia menyampaikan bahwa program ini merupakan komitmen nyata BUMN dalam mendukung penciptaan lapangan kerja secara nasional.

Pada tahun ini, kesempatan yang terbuka semakin luas dengan mencakup berbagai entitas, jenjang pendidikan yang beragam (SMA/SMK/sederajat, D3, S1/D4 hingga S2), serta status pekerjaan baik organik/PKWTT maupun kontrak/PKWT.

Sementara itu, Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian BUMN kepada FHCI untuk menyelenggarakan kembali RBB 2024.

"Kami akan terus melakukan peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) terhadap kualitas program RBB, termasuk peningkatan kehandalan sistem, evaluasi proses tahapan RBB dengan informasi yang lebih rinci dan jelas untuk memudahkan peserta, serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas," ucap Alexandra.

Alexandra menambahkan bahwa FHCI berkomitmen untuk menjaga dan mengawal seluruh proses rekrutmen dengan profesionalisme, transparansi, dan menghormati nilai-nilai inti AKHLAK.

BACA JUGA:Lowongan BUMN Bersama Dibuka 5 Mei 2023, Catat Jadwal Tahapannya

Mereka juga akan meningkatkan dan menyempurnakan proses serta kehandalan sistem rekrutmen yang akan dijalankan.

Keterlibatan generasi muda sangat penting dalam mengembangkan BUMN dan mendorong inovasi. Melalui RBB, Kementerian BUMN dan FHCI menawarkan peluang karir menarik dan berkelanjutan bagi generasi muda.

Sumber: