DP3AP2KB Kota Tangerang Gelar Gebyar Pelayanan KB Gratis di Faskes Pemerintah dan Swasta

DP3AP2KB Kota Tangerang Gelar Gebyar Pelayanan KB Gratis di Faskes Pemerintah dan Swasta

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Jatmiko.--Foto: Dok. Pemkot Tangerang

SIASAT.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang telah mengadakan acara gebyar pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis di fasilitas kesehatan (faskes) pemerintah dan swasta.

Menurut Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang, Jatmiko, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16 hingga 23 Februari 2024 dan ditujukan kepada calon akseptor KB atau pasangan usia subur di setiap wilayah.

"Dengan ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan mengunjungi puskesmas atau klinik KB dan praktik mandiri bidan terdekat untuk mendapatkan layanan KB secara gratis," ujar Jatmiko dalam keterangannya.

Untuk mencapai target yang telah ditetapkan, pihak DP3AP2KB melakukan penyuluhan di berbagai wilayah guna meningkatkan cakupan layanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) bagi pasangan usia subur.

Selain itu, kegiatan penyuluhan juga diadakan dalam program gebyar pelayanan KB gratis di fasilitas kesehatan baik pemerintah maupun swasta.

"Kami juga menyelenggarakan konseling secara berkelompok dengan menghadirkan bidan sebagai narasumber," tambahnya.

Dalam kegiatan yang telah dilakukan di empat kelurahan seperti Keroncong, Gebang Raya, Jurumudi Baru, dan Neglasari, masyarakat menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi.

"Sebanyak 50 orang yang merupakan calon akseptor KB/pasangan telah menghadiri kegiatan tersebut dan memahami program yang kami sampaikan," ungkap Jatmiko.

Sumber: