Siasat Airlangga Ikut Kembali di Pemilihan Ketum Golkar

Siasat Airlangga Ikut Kembali di Pemilihan Ketum Golkar

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua dari kiri) bertemu Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung dan Ketua Dewan Pakar Agung Laksono.--Foto: Dok. Golkar

SIASAT.CO.ID - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, tengah sibuk menyusun siasat untuk menggalang dukungan dari tiga tokoh senior partai tersebut dalam rangka mempersiapkan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) yang akan segera dilaksanakan. Ketiga tokoh senior yang dimaksud adalah Akbar Tandjung, Aburizal Bakrie, dan Agung Laksono.

Seorang pengurus Golkar mengungkapkan bahwa Airlangga telah bertemu dengan ketiganya pada awal bulan ini. Tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk mendapatkan dukungan agar musyawarah nasional partai dapat tetap dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu pada bulan Desember mendatang, dan tidak perlu mempercepat munas atau munaslub.

Selain itu, Airlangga juga meminta masukan dari ketiga tokoh senior tersebut mengenai rencananya untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan Ketua Umum Golkar.

"Pertemuannya di Jakarta," kata pengurus Golkar tersebut dikutip dari Koran Tempo, Selasa (12/3/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga didampingi oleh beberapa koleganya di Golkar, termasuk Ketua Dewan Pimpinan Daerah Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily.

Namun demikian, politikus tersebut menyatakan bahwa dalam pertemuan tersebut, Airlangga tidak selalu membahas tentang musyawarah nasional. Hingga saat ini, Airlangga dan Ace belum memberikan konfirmasi terkait hal ini. 

Namun, juru bicara Aburizal Bakrie, Lalu Mara Satriawangsa, telah mengonfirmasi adanya pertemuan antara Airlangga dan Aburizal yang baru-baru ini terjadi. Lalu Mara menyatakan bahwa Airlangga sering bertemu dengan Aburizal Bakrie, karena saat ini Aburizal menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Golkar.

Namun, Lalu Mara tidak memberikan rincian mengenai saran atau masukan yang diberikan Aburizal kepada Airlangga. Ia menyatakan bahwa masukan dan saran dari Dewan Pembina Golkar bersifat tertutup.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno Laksono, mengkonfirmasi bahwa pertemuan antara Airlangga dengan para senior partai bukanlah hal baru. Sejak menjabat sebagai Ketua Umum, Airlangga secara rutin bertemu dengan politikus senior Golkar.

"Pembahasannya soal partai dan Pemilu 2024," kata Dave Senin (11/3/2024).

Anggota Komisi Pertahanan DPR, Dave, menyatakan bahwa hingga saat ini Golkar belum membahas agenda munas. Fokus pengurus partai saat ini adalah mengawal proses rekapitulasi suara Pemilu 2024. Dave juga menambahkan bahwa partai akan membahas munas pada bulan Desember mendatang.

"Partai belum membahas apa pun soal munas. Tunggu saja Desember nanti," katanya.

Pada hari Ahad yang lalu, Airlangga memastikan bahwa munas Golkar akan diselenggarakan pada bulan Desember tahun ini. Namun, ia tidak memberikan jawaban ketika ditanya oleh awak media mengenai rencananya untuk kembali mencalonkan diri dalam pemilihan Ketua Umum Golkar periode mendatang.

Wakil Ketua DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo, juga memastikan bahwa munas akan dilaksanakan setelah pelantikan presiden hasil Pemilu 2024. Bambang juga menyebutkan empat nama yang berpeluang besar untuk bertarung dalam pemilihan ketua umum partai Golkar periode 2024-2029.

Sumber: