KPU Cilegon Ajak Media Kawal Pemilu 2024 dan Lawan Berita Hoax

KPU Cilegon Ajak Media Kawal Pemilu 2024 dan Lawan Berita Hoax

Anggota Komisi Informasi Provinsi Banten Nana Subana (kemeja putih) dan Sekretaris SMSI Banten Fauzi Chan saat menjadi pembicara pada kegiatan dialog bersama insan pers di Kota Cilegon.--Foto: ANTARA/Susmiatun Hayati

SIASAT.CO.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Patchurrohman, mengajak media untuk bersinergi dalam menjaga integritas Pemilu 2024.

Patchurrohman menekankan pentingnya peran jurnalis dalam melawan berita hoax dengan edukasi dan penyebaran informasi resmi dari penyelenggara Pemilu.

"Kami harapkan peran media, karena media itu kan sangat dipercaya oleh masyarakat karena beritanya terkonfirmasi. Kami juga berharap agar teman-teman media bisa membantu kami melawan berita-berita hoax dengan menulis berita-berita bersumber langsung dari KPU atau pihak-pihak terkait lainnya," katanya, Senin (11/12/2023).

Usai dialog etika budaya politik bersama insan media, Patchurrohman menyampaikan harapannya agar media membantu melawan berita palsu dengan menyajikan berita yang dapat dipertanggungjawabkan, menghindari potensi konflik di masyarakat.

BACA JUGA:Dinas Koperasi Kota Cilegon Sukses Bantu UMKM, Pelaku Usaha Raih Omzet Ratusan Juta

Anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten, Nana Subana, menegaskan peran krusial jurnalis dalam memerangi berita hoax.

Dalam kegiatan yang dihadiri, Nana menekankan pentingnya produk jurnalistik yang terverifikasi sebagai bentuk kebenaran, dengan harapan agar masyarakat lebih aktif membaca dan menghindari informasi palsu yang tersebar di media sosial.

"Saya percaya bahwa produk jurnalistik itu produk yang terverifikasi. Keyakinannya bahwa produk yang terverifikasi itu selalu berisi kebenaran. Tapi sekali lagi kemasan yang dibuat teman-teman, karya jurnalistiknya harus mendorong masyarakat untuk mau membaca," kata Nana. 

Sumber: