8 Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Hujan Intensitas Ringan dan Sedang

8 Daerah di Banten Berpotensi Dilanda Hujan Intensitas Ringan dan Sedang

BMKG prediksi cuaca hujan di sejumlah daerah di Banten.--Foto: istimewa

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan terkait potensi hujan intensitas ringan dan sedang di delapan daerah di wilayah Banten.

Menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana, hujan tersebut dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir, longsor, gelombang tinggi, dan pohon tumbang.

Delapan daerah di Banten yang berpotensi dilanda hujan intensitas ringan dan sedang pada siang hari ini adalah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.

Suhu udara rata-rata di wilayah tersebut berkisar antara 23-33 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan 65-95 persen. Angin bertiup dari arah barat laut hingga timur laut dengan kecepatan 5-20 kilometer per jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir di beberapa daerah di Banten, termasuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kota Serang. Namun, Kota Cilegon relatif aman dari hujan lebat dan cuaca ekstrem.

BACA JUGA:BPBD Kota Tangerang Imbau Warga Jaga Kebersihan Rumah Agar Tak Muncul Ular di Musim Ujan

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan kepada pelaku pelayaran, terutama perahu nelayan dan kapal tongkang, yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, dan Selat Sunda bagian selatan.

Tinggi gelombang di perairan tersebut mencapai 2,50 meter, yang termasuk kategori sedang. Namun, penyeberangan kapal Merak-Bakauheni di Selat Sunda bagian utara relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang hanya 1,25 meter.

Sumber: