Ombudsman RI Sarankan Penundaan Seleksi CASN 2024 hingga Selesai Pilkada Serentak

Ombudsman RI Sarankan Penundaan Seleksi CASN 2024 hingga Selesai Pilkada Serentak

Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Kamis (2/5/2024).--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, mengusulkan penundaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 hingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada 27 November mendatang.

"Kalau boleh saya mengusulkan, untuk seleksi CASN tahun ini ditunda sampai dengan selesainya pilkada biar tidak dijadikan komoditas politik," ujar Najih di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Kamis (2/4/2024).

Najih berharap Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan pihak terkait dapat mendiskusikan usulan tersebut. "Mudah-mudahan usulan ini bisa didiskusikan. Ke depan bagaimana agar isu seleksi CASN dipending dulu supaya tidak dijadikan komoditas oleh para aktor-aktor politik," ujarnya.

Menurut Najih, ada kekhawatiran bahwa seleksi CASN bisa dimanfaatkan sebagai janji politik dalam kontestasi Pilkada serentak 2024.

"Misalnya, menjanjikan nanti yang mendukung saya, akan saya jadikan CASN. Jadikan ASN itu sangat mungkin dalam kampanye dilakukan," jelasnya.

BACA JUGA:Kesbangpol Kabupaten Tangerang Dorong Etika Budaya Politik Positif Menuju Pilkada 2024

Penundaan seleksi CASN juga perlu mempertimbangkan pembahasan netralitas ASN dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi.

"Dalam catatan putusan Mahkamah Konstitusi itu sangat jelas, meskipun dari putusannya tidak mengaitkan proses keterlibatan ASN sebagai bagian dari hal yang mengurangi nilai demokrasi, tetapi diakui dalam putusan itu bahwa ke depan netralitas aparatur negara dan ASN itu harus terus diperbaiki," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa pendaftaran CASN 2024 bisa dimulai setelah proses validasi selesai dilakukan berdasarkan hasil pengisian rincian formasi dari masing-masing kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Jumlah formasi untuk rekrutmen CASN 2024 sebanyak 1,28 juta, untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebanyak 2,3 juta orang secara bertahap.

Sumber: