Kapal Pengangkut Sampah Pemberian Coldplay Tiba di Tangerang, Pemkab Siap Perangi Sampah Plastik

Kapal Pengangkut Sampah Pemberian Coldplay Tiba di Tangerang, Pemkab Siap Perangi Sampah Plastik

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Muhammad Moch Maesyal Rasyid saat mengecek kapal pengangkut sampah bantuan dari The Ocean Cleanup dan Coldplay. --Foto: ANTARA/Azmi

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tangerang secara resmi menerima bantuan berupa Kapal Neon Moon II, kapal pengangkut sampah dari The Ocean Cleanup dan Coldplay.

Kapal jenis interceptor itu telah berlabuh di Sungai Cisadane Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, pada Senin (27/11/2023).

"Kita semua berharap dengan hadirnya Kapal Neon Moon II ini, upaya penanganan sampah, khususnya sampah plastik di sungai, menjadi lebih baik lagi," ujar Moch Maesyal Rasyid.

Kapal ini, saat dioperasikan, memiliki kapasitas menampung sekitar enam ton sampah plastik dari Sungai Cisadane.

Sampah yang berhasil dihimpun kemudian akan dibawa ke tempat penampungan sampah dan diolah kembali.

BACA JUGA:UMKM di Kabupaten Tangerang Jadi Pilar Utama Pertumbuhan Ekonomi

"Kapal Neon Moon ini saat dioperasikan dapat menampung enam ton sampah plastik dari Sungai Cisadane dan selanjutnya dibawa ke penampungan sampah untuk diolah kembali," katanya.

Moch Maesyal Rasyid menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Coldplay dan The Ocean Cleanup Amsterdam, Belanda, atas sumbangan berupa kapal pembersih sampah yang kini telah berada di Tanjung Burung.

"Terima kasih kepada Coldplay dan The Ocean Cleanup Amsterdam, semoga kapal ini segera dapat kita operasikan untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang terbawa aliran Sungai Cisadane dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama nantinya," ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi, menambahkan bahwa sebanyak 12 petugas telah menjalani pelatihan agar mampu mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II.

Diharapkan, pada akhir Januari 2024, kapal ini dapat dioperasikan secara penuh untuk menjalankan misi membersihkan Sungai Cisadane dari sampah plastik.

BACA JUGA:Wali Kota Tangerang Sebut Tugu Benteng Simbol Persatuan Komunitas Roda Dua

"Saat ini kita sudah menyiapkan 12 pekerja untuk dilatih pengoperasiannya, dan Januari 2024 diharapkan kita operasikan secara menyeluruh," tuturnya.

Selanjutnya, sampah yang berhasil dikumpulkan akan dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) untuk dilakukan proses pemilahan.

Sumber: