Polresta Tangerang Antisipasi Keamanan Nataru, Kerahkan Brimob Detasemen Gegana

Polresta Tangerang Antisipasi Keamanan Nataru, Kerahkan Brimob Detasemen Gegana

Polresta Tangerang kerahkan tim Gegana amankan Nataru.--Foto: istimewa

SIASAT.CO.ID - Polresta Tangerang bersiap menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 dengan mengerahkan unit penjinak bom (Jibom) Detasemen Gegana Brigade Mobile (Brimob).

Langkah ini dilakukan guna memastikan keamanan di tempat-tempat ibadah selama perayaan tersebut.

Kabagops Polresta Tangerang, Kompol Kosasih, mengatakan dua tim Jibom telah disiapkan, masing-masing dengan tujuh personel. Mereka akan melakukan sterilisasi di tempat ibadah yang menjadi lokasi perayaan Natal.

"Kedua tim Jibom akan dilengkapi dengan alat metal detector dan mirror detector saat menyisir setiap sudut bangunan tempat ibadah. Selain itu, unit K9 atau anjing pelacak juga diterjunkan sebagai langkah antisipasi di gereja-gereja yang termasuk dalam kategori prioritas di wilayah Kabupaten Tangerang," ujar Kosasih, Kamis (21/12/2023).

Ia menjelaskan bahwa salah satu tim Jibom ditempatkan di wilayah Citra Raya, sementara tim lainnya berada di Pasar Kemis, yang merupakan pusat keramaian dan ibadah.

BACA JUGA:Pemkab Tangerang Raih Dua Anugerah Meritokrasi 2023 dari KASN

Keduanya dilengkapi dengan kendaraan dan pakaian khusus, serta didukung oleh unit K9 untuk memaksimalkan pengamanan.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen Polresta Tangerang dalam memastikan keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru, memberikan rasa aman kepada masyarakat yang hendak merayakan momen keagamaan tersebut.

Kosasih mengungkapkan pihaknya telah menerjunkan sebanyak 312 personel gabungan dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang untuk memastikan keamanan dan kelancaran kegiatan keagamaan.

Petugas yang terlibat akan dibagi menjadi beberapa tim yang akan bertugas memantau dan mengamankan seluruh kegiatan keagamaan, dimulai dari 22 hingga 25 Desember 2023 hingga perayaan libur akhir tahun pada 31 Desember hingga 2 Januari 2024.

“Operasi Lilin Maung akan digelar mulai 21 Desember 2023 dan berlangsung selama 12 hari operasional,” ujar Kosasih.

BACA JUGA:Masjid Al-Azhom Tangerang Rasa Masjid Nabawi, Pelatarannya Kini Dilengkapi dengan Payung

Kosasih mengatakan strategi pengamanan yang difokuskan pada enam Pos Pengamanan (Pospam) dan dua Pos Pelayanan (Posyan) menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Langkah ini dilakukan untuk menjamin keamanan di pusat wilayah keramaian dan jalur mudik.

"Kami akan memusatkan pengamanan di enam Pospam, terutama di wilayah keramaian seperti Citra Raya, Adiasa Cisoka, PWS Tigaraksa, dan tempat ibadah umat Nasrani di Pasar Kemis," ujar Kosasih.

Sumber: