Pasien Obesitas 230 Kg asal Tangerang Pulang untuk Jalani Rawat Jalan

Pasien Obesitas 230 Kg asal Tangerang Pulang untuk Jalani Rawat Jalan

Engky (34), warga Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, penderita penyakit lymphedema dan kelebihan berat badan atau obesitas saat berada di RSUD Kabupaten Tangerang,--Foto: ANTARA/Azmi

SIASAT.CO.ID - Engky (34), pasien penderita lymphedema dan obesitas dengan berat badan 230 kg asal Kabupaten Tangerang, telah kembali ke rumahnya untuk menjalani rawat jalan setelah seminggu dirawat di RSUD setempat.

Kepala Humas Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani, mengatakan pasien asal Desa Pasanggrahan, Kecamatan Solear itu telah kembali ke rumahnya pada pukul 16.00 WIB setelah ditangani oleh tujuh dokter spesialis dari tim kesehatan.

Hilwani menjelaskan bahwa pasien tersebut menderita lymphedema, yaitu pembengkakan tungkai yang disebabkan oleh penyumbatan di pembuluh getah bening pada kaki kirinya.

"Kondisi kakinya selama dirawat di RSUD dibersihkan secara rutin. Untuk berat badannya, tim gizi memberikan perawatan khusus, mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dimakan," terangnya, Senin (15/1/2024).

Hilwani menambahkan, keputusan untuk memulangkan pasien bukan karena berat badannya sudah normal, tetapi berdasarkan peningkatan kondisi kesehatannya dan atas permintaan pasien sendiri.

BACA JUGA:Pelaku Pemerkosaan Siswi SMP di Tangerang Ditangkap, Sudah 15 Kali Lakukan Kejahatan

"Pertama, kondisinya sudah stabil, kemudian infeksinya juga sudah teratasi, jadi pasien sudah bisa dilakukan rawat jalan," ujarnya.

Untuk penanganan pasien obesitas ini, rawat jalan akan dilakukan selama beberapa hari ke depan hingga kondisi kesehatan dan berat badannya kembali normal.

Selain itu, tim kesehatan RSUD Kabupaten Tangerang akan bekerja untuk memperbaiki kondisi psikologis pasien selama proses rawat jalan, dengan harapan dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Sumber: