6 OPD di Kabupaten Tangerang Raih Predikat A Zona Hijau dari Ombudsman RI

6 OPD di Kabupaten Tangerang Raih Predikat A Zona Hijau dari Ombudsman RI

6 OPD di Kabupaten Tangerang Raih Predikat A Zona Hijau dari Ombudsman RI.--Foto: istimewa

SIASAT.CO.ID - Ombudsman Republik Indonesia telah memberikan predikat A zona hijau kepada enam organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Tangerang pada Rabu, (24/1/2024).

Predikat ini diberikan berdasarkan penilaian kepatuhan tertinggi dalam penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah pada tahun 2023.

Predikat ini diserahkan langsung oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten di Ruang Rapat Wareng, disaksikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony.

Predikat A diberikan berdasarkan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tahun 2023 yang mencapai angka 93,72.

"Angka ini naik cukup signifikan dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 88,54," ujar Andi. Dia berharap, hasil baik yang diraih keenam OPD ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

BACA JUGA:Pemkab Tangerang Dorong Transparansi Lewat Informasi Program Prioritas

Andi juga meminta Ombudsman RI perwakilan Banten untuk memberikan arahan guna menyempurnakan pelayanan publik, terutama dalam hal pemenuhan standar pelayanan, sarana prasarana, kompetensi penyelenggara dan pengelola pengaduan di Kabupaten Tangerang.

Keenam OPD yang meraih predikat tersebut antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan nilai 88,70, Dinas Pendidikan dengan nilai 90,92, Disdukcapil 93,72, Dinas Sosial 96,07, Puskesmas Balaraja 96,20, dan Puskesmas Tigaraksa 96,73.

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Banten, Fadli Afriadi, menjelaskan bahwa penilaian dilakukan untuk memastikan kepatuhan OPD Kabupaten Tangerang dalam menjalankan standar pelayanan publik.

"Kami menilai sejauh mana penerapannya telah dilakukan. Jika sudah baik, bagaimana agar lebih baik lagi," ungkap Fadli.

Nilai 93,72 yang diraih Kabupaten Tangerang adalah yang tertinggi kedua se-Provinsi Banten, dengan Tangerang Selatan meraih nilai tertinggi pertama, 94,46. Namun, dalam hal pelayanan, Kabupaten Tangerang berada di urutan pertama, khususnya Puskesmas Tigaraksa dan Dinas Sosial.

Fadli berharap, "Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang bisa masuk 10 besar nasional nantinya."

Sumber: